1. Kompetensi Utama Lulusan
Profil lulusan sesuai visi, misi dan tujuan lembaga adalah menjadi pendidik di bidang matematika yang:
  • mampu menjadi inspirasi untuk anak didik.
  • menguasai pembelajaran yang gampang, asyik, dan menyenangkan (GASING).
  •  mempunyai kapasitas mengajar tingkat olimpiade matematika dan teknologi kelas dunia.
  • mampu berkomunikasi pada tingkat global.
  • berintegritas, jujur, dan menjunjung tinggi moralitas.
  • berdedikasi untuk memajukan Indonesia terlebih di daerah tertinggal.
2. Kompetensi Utama
  • Memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum. 
  • Merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan media, metode, pendekatan, dan model yang menekankan pembelajaran inkuiri.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
  • Mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh peserta didik.
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil assesment dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia. 
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat. 
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa. 
  • Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri. 
  • Menjunjung tinggi kode etik profesi guru. 
  • Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi. 
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat. 
  • Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya. 
  • Menguasai konsep dan mampu menggunakan teori bilangan, logika matematika, statistika dan peluang, kalkulus, analisis riil, geometri, struktur aljabar, filsafat dan sejarah matematika, aljabar linier, trigonometri, matematika diskrit, matematika olimpiade, alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.
3. Kompetensi Pendukung
  • Menguasai dan mampu mengembangkan pembelajaran matematika olimpiade tingkat SD, SMP, dan SMA, dan kebutuhan khusus.
  • Menguasai bahasa asing (minimal bahasa Inggris).
  • Mampu menguasai IT dan berbagai macam e-learning dalam pembelajaran matematika.
4. Kompetensi Lainnya
  • Menguasai dasar-dasar IPA.
  • Menguasai teknologi informasi.
  • Mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman tantangan dan sosial budaya.


2